Minggu, 21 Agustus 2016

TANGIER (3)




Old Medina dan Souk



Medina yang secara literal berarti kota, lazim ditemukan di negara-negara Afrika Utara seperti Maroko, Libya, Tunisia, Aljazair. Di Maroko, ada kurang lebih sepuluh Medina. Tersebar di Rabat, Fes, Marakesh, Tetouan, Essaouira, Meknes, Casablanca, Taza, Chefchaouen, Tangier.    Kawasan ini seolah bagian tersendiri dari sebuah kota, dikelilingi tembok dengan gang-gang bagai labirin, bangunan bergaya kuno, dan pasar yang menawarkan barang-barang khas. 



Kami ke Old Medina pagi-pagi. Pasar masih sepi dan aktivitas jual beli belum ramai. Nampak warung couscous dengan pagawai yang sibuk menyiapkan meja panjang terbuka. Saat memintas, seseorang dari balkon rumah menggelar karpet dan mengibasnya keras-keras. Debu-debu mengambang dan kami mendongak mencari muasal.

Saat di hotel, kami terkesan dengan teh mint Maroko. Rasanya jauh berbeda dengan teh mint kemasan yang dijual di swalayan-swalayan Indonesia. Sebuah toko rempah dan herbal, diantara warna-warni cerah, kami mencari teh mint itu. 


Pemandu lokal  yang fasih berbahasa Inggris lalu membawa kami sebuah toko cinderamata. Pegawai toko seorang lelaki berjaket kulit yang banyak bicara, ramah dan suka dipotret. Pemilik toko seorang lelaki tua yang sekali-sekali menjelaskan barang dagangannya. 

Syal. Tas-tas buatan tangan. Produk kulit. Sedikit kaftan Maroko yang digantung begitu saja. Barang-barang logam. 

Di luar toko, di gang serupa labirin itu, ada tiga pengasong cinderamata dengan tanda pengenal tergantung di dada, sepertinya dari dinas pariwisata. Mereka menawarkan pernak-pernik dan baju kaos.  Menurut kawan saya yang membeli, harganya lebih murah ketimbang di toko cinderamata yang kami datangi di Casablanca.  Salah seorang bertanya asal kami. Ketika saya menjawab Indonesia, ia berkata dengan tersenyum, " O, Indonesiaa...Moslem..."





















Jika ada Old Medina, apakah ada New Medina ? Ya, tapi tidak dibahasakan dengan New Medina. Selain kawasan kuno ini adalah 'kota baru', Ville Nouvelle

Old Medina terdiri dari Grand Souk dan Little Souk. Namun ketika di sana, saya tak begitu memperhatikan bagian mana yang Grand Souk atau Little Souk

Saya ingin berhenti di semua bangunan tua yang menarik perhatian saya namun karena bersama rombongan, hal itu tidak dapat saya lakukan.  Ada madrasah tua. Tembok tua. Benteng tua. Jendela-jendela khas berbentuk tapal kuda yang juga saya jumpai kemudian di Andalusia.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar